Kamis, 05 Januari 2012

Koleksi

Berdasarkan jenis koleksi yang dimiliki oleh Museum Negeri Propinsi Sumatera utara dikategorikan sebagai museum umum. Sebagian besar koleksinya berasal dari daerah Sumatera Utara berupa benda peninggalan sejarah budaya mulai dari masa prasejarah, klasik (pengaruh Hindu Budha), Islam, Sejarah Perjuangan Bangsa dan benda Ethnografi dari berbagai etnik di Sumatera Utara, dan sebagian lainnya koleksi berasal dari beberapa daerah lain di Indonesia 


Hingga tahun 2011 Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara menyimpan kurang lebih  7.000.000 koleksi yang terbagi dalam 10 jenis:

1. Koleksi Geoogika/Geografika
         Koleksi  Geologika, berupa   jenis batuan, mineral,   benda-benda bentukan alam dan peta.
2. Koleksi Biologika
      Koleksi jenis biologika,  berupa tengkorak atau rangka manusia, tumbuh-tumbuhan,  binatang dan jenis-jenis kayu.
3. Koleksi Etnografika
      Koleksi etnografi,  berupa hasil budaya  atau yang menggambarkan identitas suatu etnis. Diantaranya berupa pakaian adat,  alat  perlengkapan hidup sehari hari berupa peralatan rumah tangga seperti kepuk (tempat menyimpan pakaian), kitang (tempat air), Ingan tambar (tempat obat), kukuran kelapa dan sebagainya.  Koleksi lainnya berupa alat - alat perlengkapan,  baik yang berhubungan dengan kehidupan, kematian dan kepercayaan (religi). Museum ini terkenal memiliki keanekaragaman koleksi benda budaya dari berbagai etnik di Sumatera Utara antara lain Melayu, Batak Toba, Simalungun, Karo, Angkola/Mandailing, Pak-Pak dan Nias.
4. Koleksi Arkeologika
Koleksi arkeologika, berupa hasil budaya masa lampau yang menjadi obyek penelitian Arkeologi . Benda-benda tersebut merupakan hasil tinggalan budaya sejak masa prasejarah sampai masuknya pengaruh budaya barat, seperti peralatan hidup manusia berupa tulang, kapak batu, cangkang kerang, patung Hindu Buddha,  prasasti dengan tulisan kuno, nisan-nisan kuno dan sebagainya.
5. Koleksi Historika
Koleksi yang mempunyai  “nilai sejarah” dan menjadi obyek penelitian sejarah serta meliputi kurun waktu sejak masuknya budaya barat hingga sekarang.  Koleksi berupa benda-benda dan foto serta dokumen yang berhubungan dengan sejarah baik sejarah perkebunan, sejarah mempertahankan dan perjuangan melawan penjajah, pers dan film.
6. Koleksi Numismatika/Heraldika
Koleksi numismatika berupa mata uang atau alat tukar lainnya yang pernah beredar di Indonesia sejak masa Portugis, VOC, Inggris, Hindia Belanda, Jepang, masa perjuangan Republik Indonesia dan masa Pembangunan Republik Indonesia. Koleksi heraldika berupa stempel dan lambang-lambang dan  berbagai jenis perangko.
7. Koleksi Filologika
Koleksinya filologi  berupa naskah kuno, terdiri naskah Pustaha Lak - Lak (naskah Batak) dan Naskah melayu yang ditulis dengan dengan tangan.
8. Koleksi Keramologika
Koleksi keramik, terdiri dari keramik lokal dan keramik asing yang ditemukan di beberapa situs di Sumatera Utara seperti di situs kota cina, situs candi Sipamutung (Tapanuli Selatan), dan keramik asing lainnya.
9. Koleksi Seni rupa
Koleksi seni rupa yang diekspresikan melalui dua atau tiga dimensi berupa lukisan.
10. Koleksi Teknologi/Modern
Koleksi teknologi, yang menggambarkan perkembangan teknologi tradisional sampai  modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ikuti Lomba Puisi Perjuangan 2019

LOMBA BACA PUISI PERJUANGAN TINGKAT UMUM SE - KOTA MEDAN DI MUSEUM NEGERI PROV. SUMATERA UTARA MEDAN, 15 AGUSTUS 2019 Dalam ...