Senin, 19 Desember 2011

Situs Dunia Di Sumatera Utara

Sumatera Utara kaya akan budaya, tradisi, adat dan peninggalan sejarah yang sangat berpotensi untuk digali lebih dalam baik untuk tujuan wisata maupun pendidikan. Peninggalan sejarah di Sumatera Utara sangat kaya akan nilai sejarah yang tidak dijumpai di daerah lain, dan memiliki hubungan atau kaitan dengan dunia luar. Pada Kesempatan ini Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Pusat Studi Sejarah dan Ilmu Sosial UNIMED dan Balai Arkelogi Medan melakukan penelitian Situs yang berkelas Dunia di Sumatera Utara. dalam penelitian Tim menetapkan 8 (delapan) lokasi yang menjadi penelitian diantaranya, Situs Barus, Situs Kota Cina, Situs Pangkalan Brandan, Situs Kota Medan, Situs Bukit Kerang, Situs Benteng Putri Hijau, Situs Padang Lawas dan Situs Kota Rentang _Pulau Kampai. Kedelapan situs ini dianggap mempunya hubungan dengan luar Indonesia yaitu merupakan peninggalan atau memiliki jejak peninggalan negara-negara Eropa.
Penelitian ini dilakukan untuk menggali lebih dalam tentang 8 (delapan) situs dunia yang memiliki nilai sejarah yang mempunyai hubungan dengan jalur perdagangan dunia yang akhirnya akan mengetahi pusat perdagangan di Sumatera Utara pada tempo dulu juga untuk menggali dan meneliti sejarah yang terdapat pada situs tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ikuti Lomba Puisi Perjuangan 2019

LOMBA BACA PUISI PERJUANGAN TINGKAT UMUM SE - KOTA MEDAN DI MUSEUM NEGERI PROV. SUMATERA UTARA MEDAN, 15 AGUSTUS 2019 Dalam ...