Senin, 22 Maret 2010

Kenali Jati Dirimu di Museum

Keberadaan manusia tentunya punya sejarah masing-masing dari yang miskin hingga yang kaya raya semuanya punya sejarah dan cerita kehidupan masa lalu dan orang yang mengenal jatidirinya adalah orang yang dapat menghargao dirinya sendiri. Di Taman Mini Indonesia Indah terdapat sebuah museum yang bernama Museum Indonesia. Gedung Museum Indonesia berarsitektur Bali tiga lantai dikembangkan dari filosofi tri hita karana, yang menjelaskan adanya tiga sumber kebahagiaan manusia, yakni hubungan dengan Tuhan, sesama manusia, dan lingkungan alam.
Museum Indonesia menjalankan fungsinya melalui pameran tetap dengan tiga tema. Lantai I bertema Bhinneka Tunggal Ika, menampilkan pakaian adat dan pakaian pengantin secara lengkap yang meliputi 27 provinsi, sesuai dengan jumlah provinsi di Indonesia pada saat peresmiannya. Koleksi pakaian pengantin dan pakaian adatnya paling lengkap dan tidak dijumpai di museum lain di Indonesia, bahkan di dunia. Pameran keanekaragaman pakaian adat dan pakaian pengantin sekaligus merupakan cermin kemajemukan budaya masyarakat Indonesia, baik dilihat dari sisi agama, pakaian, kesenian, maupun adat istiadatnya
Museum ini sangat menarik dan mempunyai nilai yang sangat penting bagi keragaman budaya dan suku etnis yang ada di Indonesia.
Sebagai bangsa Indonesia yang harus menganal dan menghargai budaya bangsa hendaknya kita peduli dengan hal tersbut, kalau bukan kita yang harus mencintai budaya kita siapa lagi. Kita juga dapat berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah dan mengenal berbagai keragaman budaya yang dimiliki bangsa kita dan disamping itu dengan tetap lestarinya budaya kita maka kita akan semakin disegani oleh negara lain karena kita bisa menghargai budaya kita. Pada jaman sekarang ini sangat sulit untuk memadukan dunia teknologi dengan dunia kesejarahan, oleh sebab itulah kita harus memulai dari diri sendiri untuk mejaga dan melestarikan budaya kita agar tidak tirlindas oleh zaman yang semakin maju, dan denga kita dapat melestarikan budaya kita maka kita tentunya telah dapat mengenal dan melestarikan jati diri kita. Untuk membangkitkan semangat kita terhadapt museum maka Taman Mini Indonesia Indah mengadakan Festival Museum Nusantara yang tujuannya agar kita dapat mengenal lebih dekat tentang apa yang ada disekeliling kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ikuti Lomba Puisi Perjuangan 2019

LOMBA BACA PUISI PERJUANGAN TINGKAT UMUM SE - KOTA MEDAN DI MUSEUM NEGERI PROV. SUMATERA UTARA MEDAN, 15 AGUSTUS 2019 Dalam ...